Tanggung Jawab Sosial dari Organisasi
Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi semakin
penting dalam praktik bisnis. Bagaimanapun, memberikan contoh yang baik sebagai
sebuah organisasi dan bertindak secara berkelanjutan dan ramah lingkungan
meningkatkan reputasinya - baik dengan pelanggan, mitra, masyarakat umum atau
karyawannya sendiri. Satu hal yang pasti: perusahaan yang bertindak tidak hanya
secara ekonomi, tetapi juga dari perspektif sosial dan ekologi, mendapat
dukungan yang jauh lebih besar di semua bidang. Tanggung jawab sosial perusahaan
sering dipahami sebagai komitmen sukarela terhadap aturan tertentu yang berada
di luar hukum dan standar. Dalam melakukannya, Anda berjanji untuk bertindak
secara bertanggung jawab dan bermoral terhadap karyawan Anda, mitra dan
pemegang saham Anda, dan lingkungan.
Cara menerapkan tanggung jawab sosial atau corporate
social responsibility (CSR) bagi sebuah perusahaan adalah hal yang penting. Lewat
tanggung jawab sosial ini, perusahaan berusaha memberikan dampak positif pada
sekitar. Berikut adalah cara menerapkan serta mengadakan kegiatan tanggung
jawab sosial bagi sebuah perusahaan yang bisa dilakukan.
1. Mempelajari dan mencari tahu apa yang telah
dilakukan perusahaan lain
Untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan sebuah
perusahaan dalam memberikan tanggung jawab sosial, kita bisa melihat contoh
yang sebelumnya sudah ada. Banyak perusahaan besar yang melakukan aksi sosial
dan mendatangkan timbal balik besar kepada mereka. Misalkan, LinkedIn yang
setiap hari Jumat mengadakan ‘InDay’. Ini adalah kegiatan yang melibatkan
karyawan dalam kegiatan sosial. Atau bisa juga seperti Starbucks yang memiliki
komitmen untuk meminimalkan dampak buruk krisis lingkungan akibat bisnis
mereka. Riset seperti ini tidak hanya
memberikan gambaran bagaimana perusahaan lain melakukan tanggung jawab
sosialnya. Namun juga akan membantumu melihat lebih luas cara lain yang mungkin
akan lebih berdampak.
2. Pastikan visi sejalan dengan tujuan perusahaan
Wajar jika kamu ingin memberikan dampak nyata dan
dapat langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun, pastikan bahwa
tanggung jawab sosial yang dilakukan itu sejalan dengan tujuan perusahaan dan
relevan dengan yang kebutuhan saat ini. Misalkan, perusahaan kamu bergerak
dalam bidang furniture yang otomatis banyak melakukan penebangan pohon. Nah,
cara menerapkan tanggung jawab sosial bagi sebuah perusahaan sejenis milikmu
adalah dengan melakukan penanaman pohon ulang dan meminimalkan pembuangan
limbah. Memang membutuhkan waktu lama untuk melihat hasilnya. Tapi, hal ini
akan lebih dihargai daripada melakukan cara lain yang tidak sejalan dengan
tujuan perusahaan. Jangan lupa juga libatkan karyawan dan klien besar dalam
acara tersebut.
3. Persiapkan budget perusahaan
Untuk memulainya, pastikan bahwa rencana sosialmu
sudah disetujui oleh berbagai pihak terkait. Kemudian, buat rancangan atau
perkiraan biaya yang dibutuhkan. Teliti sekali lagi apakah budget tersebut bisa
dipenuhi perusahaan. Jika perlu, lakukan perbandingan dengan perusahaan lain. Adanya rancangan keuangan yang rinci akan
membuat kesan baik di mata atasan. Ini berarti, perusahaan juga memiliki
tanggung jawab secara finansial sekarang dan di masa depan.
4. Libatkan karyawan secara langsung
Cara terbaik dalam menjalankan tanggung jawab sosial
perusahaan adalah dengan memperlihatkan langsung bahwa semua orang benar-benar
peduli. Ini bisa dimulai dengan melibatkan karyawan dalam merencanakan kegiatan, mendengarkan
inisiatif mereka, dan mengajak mereka terjun langsung. Karyawan-karyawan
mungkin memiliki ide yang lebih realistis dan
mudah dilakukan bersama. Ini sekaligus bisa membangun keakraban antar
karyawan atau antara perusahaan dengan warga lokal. Hal ini bisa membuktikan
tidak ada kesenjangan sosial, serta membuktikan keberadaan perusahaan tidak
mengancam keberlangsungan hidup warga.
5. Lakukan cara untuk memasarkan kegiatan
Langkah selanjutnya dalam cara menerapkan tanggung
jawab sosial bagi perusahaan adalah melakukan promosi. Sebab, semakin banyak
orang yang tahu dan terlibat akan lebih baik. Kamu bisa mulai promosi melalui
iklan di TV atau media sosial jika targetnya adalah anak muda. Selain itu, kamu
juga bisa menggunakan jasa ‘brand ambassador’ dengan menggaet seorang tokoh
atau figur publik yang dinilai bisa merepresentasikan acara yang akan digelar
nantinya. Tidak di situ saja, iklan melalui koran atau media cetak lain juga
layak dicoba. Meski banyak yang menilai sudah ketinggalan jaman, iklan jenis
ini masih berhasil terutama jika targetnya adalah orang-orang tua. Jangan lupa
untuk memanfaatkan situs web perusahaan.
6. Promosi secara berkelanjutan
Meski nanti acara sudah selesai, menyebarkan berita
bahwa perusahaan telah dan selalu menjalankan tanggung jawab sosial harus tetap
dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Unilever. Mereka memasang iklan di TV
dan media lain mengenai kegiatan melestarikan bumi dan ini berpengaruh pada
penjualan. Seperti kata Unilever bahwa 1 dari 3 konsumen yang membeli produk
mereka percaya bahwa produk yang dihasilkan adalah ramah lingkungan. Promosi
ini bisa menjadi teknik marketing yang baik dan memupuk citra baik perusahaan
mengenai kepedulian perusahaan kepada lingkungan dan manusia. Jika kamu
berminat, promosi yang bisa dilakukan bisa dimulai dengan 3 hal, yaitu dengan
cara menunjukkan tujuan yang ingin dicapai, apa yang sudah coba dilakukan, dan
bagaimana hasil dari tanggung jawab sosial perusahaan tersebut.
7. Lihat apa yang masyarakat sekitar butuhkan
Cara menerapkan tanggung jawab sosial bagi sebuah
perusahaan tidak hanya dengan membantu menjaga kondisi alam, tapi juga bisa
dengan melihat apa yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Jika
banyak orang yang masuk usia produktif tapi menganggur dalam wilayah sekitar
perusahaan, kamu bisa melakukan rekrutmen pekerjaan yang mendahulukan warga
sekitar. Namun tentu saja, pilih sesuai dengan syarat, baik secara tingkat
pendidikan dan posisi yang dibutuhkan. Selain dengan melakukan perekrutan
pekerja, salah satu contoh kepedulian perusahaan secara sosial adalah dengan
mengadakan cek kesehatan gratis atau operasi khitan gratis untuk anak-anak
sekitar lingkungan perusahaan. Untuk kegiatan ini, kamu bisa bekerja sama
dengan pihak ketiga yang sesuai.
Manfaat Tanggung Jawab Sosial
1. Manfaat bagi Perusahaan :
- Meningkatkan citra perusahaan.
- Membedakan perusahaan dengan kompetitor usaha atau
perusahaan saingan.
- Memperkuat brand dari produk perusahaan di
masyarakat.
- Memiliki kesempatan kerjasama yang lebih besar
dengan perusahaan lain.
- Sebagai bentuk promosi bagi Perusahaan
2. Manfaat
Tanggung Jawab Sosial bagi Masyarakat :
- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Penyerapan tenaga kerja dari masyarakat sekitar.
- Memiliki kesempatan mengikuti program pemberdayaan
yang diadakan oleh perusahaan.
- Membantu dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
- Tersedianya fasilitas umum di lingkungan masyarakat.
- Meningkatkan kesejahteraan pendidikan melalui
beasiswa bagi siswa kurang mampu.
3. Manfaat Corporate Social Responsibility bagi
Pemerintah
Manfaat CSR dalam bidang sosial, lingkungan,
kesehatan, dan pendidikan bagi pemerintah yaitu, mendukung terlaksananya
program-program sosial dari pemerintah melalui perusahaan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat luas, sehingga diharapkan dapat berpengaruh terhadap
kemajuan bangsa dan negara.
4. Manfaat untuk Pihak Lain
Program CSR dapat memiliki dampak yang positif bagi
pihak-pihak lain sperti pemegang saham dan konsumen. Dengan dijalankannya
program tanggung jawab sosial citra perusahaan dapat meningkat dimata investor
untuk menanamkan modal diperusahaan tersebut. Adapun dari sisi konsumen,
program tanggung jawab sosial dapat meningkatkan rasa percaya atau tingkat
kepercayaan terhadap perusahaan untuk menggunakan produk ataupun jasa
perusahaan tersebut. Dari penjelasan diatas bahwa tanggung jawab sosial
bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas lingkungan.
Ternyata banyak manfaat yang dapat dirasakan dari berbagai pihak, tidak hanya
bagi perusahaan namun dari masyarakat pun dapat merasakan dampak positif adanya
program corporate social responsibility.
Memahami Konsep Etika Manajemen
Bagaimana Mengukur Etika Manajemen
Model penilaian etika tersebut memberikan panduan
apakah sesuatu tindakan atau kegiatan memenuhi kriteria atau tidak dapat
dinilai dari 4 kriteria etika, yaitu dari sisi manfaat(benefits),pemenuhan
hak-hak(rights),prinsip keadilan(justice),dari sifat pemeliharaan(caring)..Dari
sisi manfaat, jelas semua pihak bisa merasak manfaat dari prestasi yang
dilakukan pegawai. Perusahaan memperoleh manfaat dari hasil kerja keras
pegawainya yang berprestasi, demikian juga bagi pegawainya.Dari segi pemenuhan
hak-hak, yaitu pemberian insentif kepada pegawai yang telah berprestasi jika
memang telah ditetapkan aturannya memenuhi kriteria pemenuhan hak-hak dari
seluruh pihak.Dari sisi prinsip keadilan, jelas bahwa pemberian intensif bagi
pegawai yang berprestasi yaitu dengan memberikan perlakuan yang seimbang dengan
apa yang telah ditunjukkan pegawai dalam pekerjaannya.Dari sisi
pemeliharaan,pemberian intensif dapat memacu pegawai untuk bekerja lebih baik
untuk organisasi. Di sisi lain, jugatetap memelihara motivasi pegawai yang
telah menunjukkan prestasi yang baik melalui penghargaan. Sekalipun tidak
secara sempurna menjelaskan kriteria dan panduan untuk menilai . tindakan yang
etis maupun tidak, namun model penilaian etika tersebut di atas setidaknya dapat
memberikan sedikit penjelasan bagaimana sebuah tindakan atau kegiatan bisa
dinilai dari kriteria etikanya.
Mendorong Pelaksanaan dalam Etika Manajemen
Ada beberapa hal dalam mendorong pelaksanaa dalam
etika manajemen, antara lain :
- Pelatihan Etika (Ethics Training)
- Advokasi Etika (Ethical Advocates)
- Standard Aturan Mengenai Etika Perusahaan (Code of
Ethics)
- Keterlibatan Publik dalam Etika Manajemen Perusahaan
Referensi
https://www.dqsglobal.com/id-id/informasi/blog/tanggung-jawab-sosial-perusahaan-dibuktikan-dengan-sertifikat
https://koinworks.com/blog/apa-itu-csr-perusahaan/
https://lindungihutan.com/blog/csr-adalah-jenis-tujuan-fungsi-manfaat-csr/
https://accounting.binus.ac.id/2023/11/01/memahami-konsep-dasar-etika-management/
https://www.coursehero.com/file/61535689/BAGAIMANA-MENGUKUR-ETIKA-MANAJEMENdocx/
Komentar
Posting Komentar